Cara Aktivasi EFIN Bagi Wajib Pajak Badan

13-01-2021

MUSIM pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan kembali dimulai. Ditjen Pajak (DJP) mengimbau wajib pajak untuk menyampaikan SPT-nya secara lebih awal. Melaporkan SPT pun sudah bisa dilakukan secara daring melalui DJP Online.

Untuk dapat melaporkan SPT melalui DJP Online, wajib pajak memerlukan terlebih dahulu kode dan aktivasi electronic filing identification number (EFIN). Nah, DDTCNews kali ini akan menjelaskan cara mengaktivasi EFIN untuk wajib pajak badan.

Mula-mula, silakan pengurus menyiapkan dokumen asli dan fotokopi yang dipersyaratkan antara lain surat penunjukkan pengurus yang bersangkutan untuk mewakili badan dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

Lalu, menunjukkan identitas diri seperti KTP pengurus bagi WNI; paspor dan KITAS atau KITAP bagi WNA, kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau surat keterangan terdaftar pengurus yang bersangkutan; dan kartu NPWP atau surat keterangan terdaftar atas nama wajib pajak badan.

Jangan lupa, lampirkan juga surat kuasa menyampaikan formulir aktivasi EFIN dan menerima EFIN dalam hal penyampaian permohonan dilakukan oleh selain pengurus. Penerima kuasa tersebut juga wajib memperlihatkan asli KTP dan menyerahkan fotokopinya.

Selanjutnya, pengurus mengisi, menandatangani, dan menyampaikan permohonan ke KPP/KP2KP tempat terdaftar atau tempat tertentu di luar kantor sesuai dengan kewenangannya. Sampaikan juga alamat e-mail dan nomor ponsel aktif Anda.

Khusus wajib pajak badan cabang, pengurus yang dimaksud adalah pimpinan kantor cabang serta wajib menunjukkan asli surat pengangkatan pimpinan cabang dan menyerahkan fotokopinya.

Guna mencegah penyebaran Covid-19, wajib pajak dapat menyampaikan permohonan aktivasi EFIN melalui e-mail pajak resmi KPP. Untuk menemukan alamat, telepon, dan email KPP.

Untuk diperhatikan, satu e-mail wajib pajak hanya berlaku untuk satu permohonan layanan aktivasi EFIN saja. Wajib pajak juga harus mengirimkan swafoto/selfie dengan memegang KTP dan kartu NPWP.

Nanti, petugas melakukan pengecekan kesesuaian data yang diberikan oleh wajib pajak dengan database DJP. Apabila semua data sesuai, petugas akan membuat dan mengirim pemberitahuan EFIN dalam bentuk PDF melalui e-mail. Selesai. Semoga bermanfaat.

 

Sumber : DDTC

 
0812 703 0360 08127030360
Klik untuk langsung Tlp/chat dari Smartphone Anda